Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM dan CS BRI

Posted on

Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM dan CS BRI—Selain fasilitas internet banking, BRI juga menyediakan fasilitas SMS banking BRI untuk semua nasabah BRI baik nasabah BRI Britama maupun BRI Simpedes, Giro perorangan yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif. Untuk cara daftar sms banking BRI ini bisa lakukan dengan 2 cara yaitu melalui ATM dan melalui kantor bank BRI yang nantinya dibantu sepenuhnya akan dibantu oleh customer service BRI.

Kedua cara daftar sms banking BRI diatas memiliki keunggulan dan kemudahan masing masing. Jika anda daftar melalui ATM, maka anda bisa melakukannya sendiri di ATM manapun dan bisa anda lakukan kapanpun, tidak mesti jam dan hari kerja, saat hari liburpun anda bisa melakukannya. Sementara jika anda ingin daftar sms banking BRI melalui kantor bank BRI atau customer service BRI maka anda hanya bisa melakukannya pada jam dan hari kerja. Walau demikian anda bisa bebas datang kekantor BRI manapun, tidak harus ditempat pertama kali anda membuka rekening BRI.

cara daftar sms banking BRI
cara daftar sms banking BRI

Sayangnya jika anda mendaftar dan mengaktifkan SMS banking BRI melalui ATM, maka fasilitas yang anda dapatkan hanya sebatas untuk keperluan transaksi nonfinansial, seperti cek saldo. Jika anda ingin menggunakan layanan SMS banking BRI untuk transaksi finansial, maka anda tetap harus datang ke kantor cabang BRI untuk melakukan aktivasi SMS banking BRI anda.

Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM

Seperti yang sudah sedikit disampaikan diatas, bahwa cara daftar SMS banking BRI lewat ATM memiliki kemudahan dan kelemahan tersendiri, seperti hanya bisa digunakan untuk transaksi non keuangan semisal untuk cek saldo ATM BRI atau cek mutasi rekening BRI Anda. Namun hal ini juga masih sangat menguntungkan bagi para pemegang rekening BRI, yang mungkin kesibukan atau jarak yang cukup jauh sehingga tidak memungkinkan anda untuk datang ke Bank BRI terdekat untuk melakukan transaksi non finansial.

Adapun bagaimana cara daftar SMS banking BRI lewat ATM, akan admin jelaskan secara detail langkah demi langkah yang akan memudahkan Anda untuk melakukannya. Namun, sebelumnya pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan untuk daftar SMS banking BRI. Adapun syarat untuk daftar SMS banking BRI adalah kartu ATM BRI yang masih aktif dan nomor handphone yang juga masih aktif. Untuk jenis kartu ATM BRI apa saja, baik classic maupun premium sama sama bisa digunakan untuk daftar SMS banking BRI yang penting jenis rekeningnya adalah BriTama, Simpedes atau Junio. Sementara untuk provider kartu HP anda bebas memilihnya.

Apabila kedua syarat diatas sudah anda penuhi, selanjutnya anda tinggal mengikuti langkah cara mendaftarkan nomor handphone anda agar nantinya bisa digunakan untuk SMS banking BRI :

1. Datang ke ATM BRI terdekat.
2. Lalu masukkan kartu ATM pada slot yang tersedia
3. Seperti biasa anda akan diminta untuk memasukkan PIN ATM anda.
4. Setelah anda input PIN ATM anda, akan muncul beberapa menu pada layar mesin ATM
5. Cari dan pilih menu “transaksi lain” pada layar ATM
6. Selanjutnya akan muncul menu baru, silakan cari dan pilih menu “Registrasi”
7. Selanjutnya pilih menu” SMS Banking”
8. Anda akan diminta untuk memasukkan nomor handphone yang akan digunakan untuk transaksi SMS banking nantinya, silahkan input nomor handphone anda dengan benar.
9. Selanjutnya, anda akan diminta untuk membuat PIN SMS banking, silahkan buat PIN SMS bangking dengan cara memasukkan 6 digit angka, silahkan masukkan angka yang mungkin tidak terlalu sulit untuk anda ingat.
10. Pendaftaran SMS banking BRI lewat ATM sudah selesai, mesin ATM akan mengeluarkan print out yang berisi keterangan “Selamat, pendaftaran SMS banking BRI Anda sudah aktif.“

Pada tahap ini, SMS banking BRI anda sudah aktif dan bisa digunakan, namun yaitu baru sebatas untuk transaksi nonfinansial tadi. Agar bisa digunakan untuk keperluan transaksi keuangan, silahkan datang ke kantor BRI terdekat untuk mengaktifkannya.

Cara Daftar SMS Banking BRI di Kantor Unit Kerja BRI atau Customer Service BRI

Untuk cara daftar SMS banking BRI melalui kantor bank BRI ini sangatlah mudah, caranya silahkan anda datang ke kantor bank BRI terdekat, lalu ambil nomor antrian untuk ke bagian CS BRI dan tunggu hingga giliran anda untuk bisa mendapatkan pelayanan dari CS bank BRI. Prosesnya sangatlah mudah, namun terkadang antriannya yang membuat tidak kuat.

Sebelum anda datang ke kantor BRI terdekat untuk mendaftarkan dan aktifasi SMS banking BRI anda, sebaiknya anda persiapkan syarat syaratnya terlebih dahulu. Diantaranya, kartu ATM, buku rekening dan kartu identitas anda yang masih aktif, boleh KTP, SIM atau paspor. Tujuannya hanya untuk konfirmasi bukti kepemilikan rekening saja. Dengan melakukan pendaftaran SMS banking BRI melalui customer service BRI, anda hanya perlu datang dan berbicara dengan CS BRI saja. Selanjutnya semua proses akan sepenuhnya dilakukan oleh CS bank BRI.cara daftar sms banking

Lalu, bagaimana jika sebelumnya sudah terlanjur melakukan pendaftaran SMS banking lewat ATM? Hal ini, tidaklah masalah. Karena tetap saja jika kita ingin menggunakan SMS banking untuk transaksi keuangan kita juga harus mengaktifkannya melalui customer service BRI. Nah, agar bisa menghemat waktu dan tenaga, sebaiknya disaat pertama kali kita melakukan pembuatan atau pembukaan rekening di suatu bank, sebaiknya sekalian langsung mengaktifkan layanan e-banking. Baik layanan internet banking, SMS banking maupun mobile banking. Dengan begitu, nantinya anda tidak perlu lagi repot untuk bolak balik ke kantor bank terdekat.

Fasilitas SMS Banking BRI

Setelah anda mengaktifkan layanan SMS banking BRI, nantinya anda bisa menikmati banyak sekali fasilitas yang terdapat pada menu SMS Banking BRI, apa saja fasilitas SMS banking BRI, berikut rinciannya :

1. SMS Transfer yakni layanan yang memudahkan anda untuk melakukan transfer antar rekening BRI maupun transfer dari BRI ke bank lain.
2. SMS Info, seperti namanya bahwa menu ini adalah untuk mengakses informasi terkait rekening BRI anda seperti info saldo, informasi tagihan PLN, Telkom, menu untuk ganti PIN dan menu bantuan.
3. SMS Prepaid, sebuah layanan khusus untuk melakukan pembelian pulsa isi ulang. Beberapa provider atau operator yang bisa kita melakukan isi ualng melalui layanan ini adalah Telkomsel, baik Simpati maupun AS, Indosat, SMartfren dan Axis.
4. SMS Payment, dengan menggunakan layanan ini anda bisa melakukan beberapa transaksi pembayaran, seperti pembayaran tagihan kartu kredit BRI, kartu kredit Citibank, HSBC, ANZ, pembayaran zakat melalui beberapa lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa, YBM BRI, pembayaran DPLK dan beberapa jenis pembayaran lainnya.

Biaya Pendaftaran dan Penggunaan SMS Banking BRI

Untuk pendaftaran dan aktifasi SMS banking BRI ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis, namun saat kita menggunakannya untuk transaksi, maka setiap transaksi menggunakan SMS banking BRI akan dikenakan biaya. Adapun besaran biaya untuk setiap transaksinya tergantung dari provider yang anda gunakan, rata-rata biayanya setiap transaksi adalah 250-1000 rupiah setiap transaksinya. Lebih mahal dari biaya SMS biasanya. Adapun biaya administrasi setiap transaksi, tergantung pada jenis transaksi yang anda lakukan. Untuk administrasi transfer ke antar rekening BRI hanya dibebankan biaya SMS saja, sedangkan untuk transfer ke bank lain akan dikenakan biaya administrasi transfer sebesar 6500 ditambah yang akan dipotong langsung melalui saldo rekening. Sementara untuk biaya SMS akan dipotong langsung dari saldo pulsa handphone anda, jadi sebelum melakukan transaksi menggunakan SMS banking pastikan pulsa anda masih cukup. Namun jika nomor hp Anda pascabayar maka akan menambah biaya tagihan telepon per bulan.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Untuk menggunakan layanan SMS banking BRI sangatlah mudah, bisa dilakukan dengan menggunakan SMS (text plain) atau menggunakan aplikasi yang bisa diunduh pada ponsel anda. Sangat disarankan transaksi dengan menggunakan aplikasi SMS banking BRI, karena lebih simple dan mudah. Semua menu sudah tersedia dan untuk proses transaksi tinggal pilih menu, klik dan klik transaksi selesai. Sementara untuk transaksi menggunakan SMS (text plain) sedikit lebih susah, karena harus mengetikkan dengan format yang sesuai dengan yang diberlakukan oleh BRI dan mengirimkannya ke nomor yang telah ditentukan BRI yakni 3300.

Berikut beberapa contoh format yang harus anda tulis saat melakukan transaksi SMS banking BRI menggunakan SMS text plain :

Jenis Transaksi Format Contoh
Transfer ke Sesama Rekening BRI TRANSFER BRI (rekening tujuan) NOMINAL PIN TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456
Transfer ke Bank Lain TRANSFER KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening NOMINAL PIN TRANSFER 008987654321 5000000 123456
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI SALDO PIN SALDO 123456
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI BELI PLNPRE ID PLN NOMINAL PIN BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456
Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa PULSA HP NOMINAL PIN PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)

Agar transaksi SMS banking BRI anda tidak gagal, pastikan bahwa format yang anda ketikkan sudah sesuai dengan format yang ditentukan oleh BRI, dan jangan lupa saldo pulsa handphone anda harus mencukupi untuk melakukan transaksi dengan menggunakan SMS banking BRI. Tidak kalah penting lagi ialah kerjakanlah di area sinyal operator kuat. Bila lemah, biasanya transaksi tidak akan berhasil atau gagal.

Demikian sedikit ulasan tentang Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM dan CS BRI, semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *