Cara Daftar SMS Banking Mandiri dan Aktivasinya

Posted on

Cara Daftar SMS Banking Mandiri dan Aktivasinya–.SMS Banking Mandiri adalah salah satu layanan perbankan elektronik dari bank Mandiri yang bisa digunakan oleh nasabah untuk akses rekening menggunakan sarana smartphone atau handphone. Untuk bisa menggunakan layanan SMS banking, nasabah terlebih dahulu harus mendaftarkan nomor handphone yang akan digunakan nantinya.

Adapun cara dan syarat untuk mendapatkan layanan Mandiri SMS, akan kami bahas secara detail sebagai berikut. Pertama, Syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah yang ingin menggunakan layanan Mandiri SMS Banking.

1. Nasabah Bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan

2. Nasabah harus memiliki nomor handphone atau pengguna layanan operator GSM : Telkomsel, Indosat dan XL.

3. Nasabah tentunya harus memiliki handphone atau smartphone.

4. Nasabah tentu sudah pasti harus menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS

Nah sebelum kami lanjutnya pembahasan untuk cara daftar SMS Banking Mandiri dan cara Aktivasinya, terlebih dahulu akan kami sedikit bahas tentang beberapa hal yang berkaitan dengan SMS Banking Mandiri. Diantaranya adalah transaksi apa saja yang bisa dilakukan dengan SMS Banking Mandiri, biaya layanan, limit transaksi dengan melalui SMS Banking Mandiri.

Transaksi yang bisa dilakukan oleh nasabah melalui layanan SMS Banking Mandiri.

1. Dengan layanan ini, nasabah bisa melakukan transaksi non finansial seperti cek mutasi dan cek saldo.

2. Juga bisa melakukan transaksi keuangan seperti, transfer, pembayaran, dan pembelian. Namun agar nasabah bisa menggunakan layanan SMS banking Mandiri untuk transaksi finansial, maka nasabah perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu melalui customer service Bank Mandiri terdekat.

Biaya Layanan serta Biaya Transaksi Menggunakan SMS Banking Mandiri.

Bank Mandiri memberikan fasilitas gratis untuk pendaftaran dan administrasi layanan Mandiri SMS Banking, sementara untuk biaya transaksi tergantung jenis transaksi yang dilakukan, untuk transaksi tertentu akan dikenakan biaya administrasi, seperti transaksi pembayaran PLN, nasabah akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 3500 per transaksi)

Sementara untuk biaya SMS mengikuti ketentuan dari operator yang digunakan oleh nasabah, setiap transaksi dengan cara ketik SMS, ketika SMS dikirim biaya sesuai ketentuan operator, sementara untuk SMS diterima nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp 500

Sedangkan untuk transaksi dengan cara Pilih Menu maka nasabah akan dibebankan biaya sebagai berikut :

Pengguna kartu Telkomsel : SMS dikirim biaya sesuai ketentuan operator, sedangkan untuk SMS diterima pengguna kartu Halo Rp 500,-, kartu AS Rp550,- dan Simpati Rp 550,-

Sedangkan pengguna kartu XL dan Indosat : Rp 500,- (transaksi informasi); Rp 1.000,- (transaksi transfer/pembelian/pembayaran)

Biaya tersebut akan dipotongkan langsung pada pulsa nasabah (pra bayar) atau akan dibebankan ke tagihan bulanan (pasca bayar).

Limit Transaksi

Mandiri telah menentukan limit transaksi Mandiri SMS , untuk transfer sebesar 100.000.000, pembayaran non kartu kredit sebesar 100.000.000 sementara untuk kartu kredit bank mandiri maksimal 100.000.000 dan untuk kartu kredit bank lain sebesar 50.000.000. Sedangkan untuk transaksi isi ulang pulsa limit transaksi menggunakan SMS Banking Mandiri berlaku akumulatif untuk semua channel mobile banking yang digunakan oleh nasabah, yaitu mandiri sms (ketik dan STK), mandiri mobile, dan mandiri sms *141*6# dengan limit maksimal 5.000.000

Cara Daftar SMS Banking Mandiri dan Aktifasinya

Lalu bagaimana sih cara daftar SMS Banking Mandiri? Paling tidak ada dua cara yang bisa dilakukan oleh nasabah untuk daftar SMS Banking Mandiri. Pertama pendaftaran dilakukan secara mandir melalui ATM Mandiri. Kedua dilakukan melalui kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

1. Cara Daftar SMS Banking Mandiri Melalui ATM

Datang ke gerai ATM Mandiri terdekat.

Masukkan Kartu ATM Mandiri, lalu masukkan PIN ATM anda.

Setalah muncul layar baru dengan beberapa pilihan menu, silahkan pilih menu Registrasi e-Banking, lalu tekan menu “Pendaftaran Awal”, selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang akan didaftarkan untuk layanan SMSbanking, silahkan masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya.cara daftar sms banking mandiri 1

cara daftar sms banking mandiri 2

cara daftar sms banking mandiri 3

cara daftar sms banking mandiri 4

cara daftar sms banking mandiri 5

2. Cara Daftar SMS Banking Mandiri Melalui CS Mandiri di Kantor Cabang Bank Mandiri

• Datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat, silahkan ambil nomor antrian untuk bisa berbicara dengan Customer Service Bank Mandiri

• Setalh giiliran anda, silahkan utarakan keinginan anda ke CS, bahwa Anda ingin daftar layanan SMS Banking Mandiri.

• Nanti CS akan minta anda untuk mengisi formulir aplikasi Mandiri SMS, silahkan isi semua data yang diperlukan dan jangan lupa menandatanganinya.

• Lampirkan pula kartu identitas anda (KTP/SIM/Paspor), Buku tabungan dan kartu ATM

• Silahkan tunggu sebentar,pendaftaran anda akan diproses sepenuhnya oleh Customer Service Bank Mandiri.

Untuk pendaftaran SMS Banking Mandiri melalui ATM langsung AKTIF untuk transaksi non finansial. Contoh : cek saldo, cek lima mutasi terakhir, dll. Sementara untuk yang melakukan pendaftaran melalui CS Bank Mandiri akan aktif setelah menerima SMS dari 3355 berisi info PIN Mandiri SMS. Setelah menerima SMS berisi PIN Mandiri SMS, silahkan segera rubah PIN dengan cara Ketik : PIN (spasi) PIN lama (spasi) PIN baru (spasi) PIN baru kirim ke 3355, setelah itu layanan SMS Banking Mandiri siyap untuk digunakan bertransaksi baik transaksi finansial maupun non finansial.

Cara Transaksi Menggunakan SMS Mandiri

Ada 2 cara bertransaksi menggunakan Mandiri SMS yaitu dengan cara KETIK SMS atau PILIH MENU. Untuk cara KETIK SMS nasabah harus mengetikkan sesuai dengan format SMS Banking yang sudah ditentukan oleh Bank Mandiri dan mengirimkan SMS ke nomor 3355. Sementara untuk pilihan transaksi dengan cara PILIH MENU maka nasabah cukup memilih menu Mandiri SMS pada ponselnya. Untuk transaksi dengan cara PILIH MENU hanya dapat digunakan oleh pemegang nomor telepon GSM.

Sedikit saran saja agar menjaga kerahasiaan PIN SMS Banking Mandiri, atau sebisa mungkin untuk menghafalnya, karena jika kita salah sampai 3 kali berturut turut salah dalam menggunakannya maka SMS Banking kita akan diblokir oleh Bank Mandiri. Nah, bagaimana jika ternyata SMS Banking kita diblokir. Tenang kita bisa mengaktifkannya kembali dengan cara datang ke cabang Bank Mandiri atau melalui ATM Mandiri.

Baca Juga : Cara Daftar SMS Banking BRI Lewat ATM dan CS BRI

Nah itulah Cara Daftar SMS Banking Mandiri dan Aktivasinya baik melalui ATM maupun melalui kantor cabang Bank Mandiri terdekat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *