Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang

254 views

Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang—Kehilangan kartu ATM bisa menimpa siapa saja, termasuk Anda, saya atau siapa saja yang memiliki kartu ATM atau barang lainnya. Sebab kehilanganpun bisa beraneka ragam, bisa karena keteledoran diri atau justru memang karena musibah kehilangan karena keusilan orang orang yang tidak bertanggung jawab.cara mengurus kartu atm bri yang hilang

Lalu, apa yang harus yang harus dilakukan ketika kita kehilangan kartu ATM, sebab kita tahu bahwa tanpa kartu ATM, kita tidak akan bisa melakukan beberapa transaksi perbankan khususnya yang melalui mesin ATM. Seperti tarik tunai misalnya, tanpa kartu ATM kita tidak bisa melakukannya.

Nah kali ini admin akan berbagi informasi cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengurusnya agar kita memiliki lagi kartu ATM BRI. Walaupun ini bukan sepenuhnya pengalaman langsung yang dialami oleh admin, namun paling tidak cara ini diambil dari beberapa sumber yang bisa di percaya. Salah satunya dari web resmi bank BRI.

Apa yang harus dilakukan, pertama kali mengetahui kartu ATM BRI hilang?

Ditengah rasa was-was dan panik karena mengetahui kartu ATM BRI hilang, diharapkan kita tetap bisa mengontrol emosi, agar tetap bisa mengambil keputusan terbaik menyikapi hal ini. Karena ada hal penting yang harus segera dilakukan begitu mengetahui ternyata kartu ATM BRI kita hilang, yakni kita harus segera melakukan pemblokiran terhadap semua transaksi pada rekening tabungan kita. Bagaimana cara melakukan pemblokirannya, cukup anda menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau di nomor 021-579874000, ceritakan pada customer service BRI bahwa kartu ATM BRI Anda hilang dan mintalah untuk dilakukan pemblokiran pada rekening BRI Anda.

Setelah melakukan pemblokiran pada rekening Anda, langkah selanjutnya silahkan mengurus kembali Kartu ATM BRI agar bisa menggunakannya kembali dan memanfaatkan fitur layanan dari BRI melalui e-bankingnya, karena untuk mengaktifkan beberapa fitur layanan e-banking harus dilakukan melalui ATM BRI.

Baca Juga :  4 Jenis Kartu ATM BRI Yang Mesti Kamu Tahu, Mana Yang Paling Menguntungkan.

Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang BRI

Sebelum mengurus kartu ATM BRI yang hilang ada baiknya kita persiapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan, agar bisa menghemat waktu. Karena untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan mengurus kartu ATM dibeberapa bank yang lain. Ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya:

1. Kartu Identitas ( KTP/SIM/Paspor)

2. Buku Tabungan

3. Surat keterangan kehilangan dari Polisi

Setelah dokumen tersebut diatas sudah lengkap, selanjutnya silahkan datang ke kantor cabang bank BRI terdekat. Tidak bisa diwakilkan, yang bersangkutan harus datang sendiri untuk mengurus kartu ATM BRI.Karena nantinya aka nada proses pembuatan PIN baru, yang tidak memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain. Nah, secara detail cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang adalah sebagai berikut.

1. Datang ke kantor cabang bank BRI terdekat

2. Ambil nomor antrian untuk mendapatkan layanan customer service BRI

3. Silahkan tunggu hingga nomor antrian anda tiba.

4. Setelah tiba giliran anda, silahkan ceritakan maksud anda ke customer service. Biasanya akan ditanya beberapa dokumen yang sebelumnya telah dipersiapkan.

5. Berikan dokumen persyaratan yang tadi sudah dipersiapkan, selanjutnya biasanya akan diajukan beberapa pertanyaan oleh customer service, diantaranya penyebab kartu hilang, tempat kehilangan.

6. Silahkan tunggu, customer service BRI akan memproses transaksi Anda. Biasanya untuk membuat kartu baru, tidak memerlukan waktu yang lama.

7. Setelah jadi, kartu akan diberikan kepada Anda. Sedikit saran saja, jika sebelumnya Anda juga menggunakan layanan e-banking BRI, maka jangan lupa untuk mengaktifkan kembali layanan tersebut melalui customer service BRI. Karena setelah kita melakukan pemblokiran terhadap kartu TAM BRI kita, otomatis layanan e-banking BRI juga terhenti.

8. Pastikan semuanya sudah terselesaikan sebelum anda meninggalkan customer service BRI.

9. Kartu ATM BRI anda sudah jadi dan bisa langsung digunakan.

Bisakah mengurus kartu ATM BRI yang hilang diwakilkan?

Tidak bisa, untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang tidak bisa diwakilkan dan harus diurus sendiri oleh yang bersangkutan. Karena dalam proses pengurusnya akan dilakukan pencocokan data rekening dan juga nantinya aka nada proses pembuatan PIN ATM yang baru, yang semestinya tidak boleh diketaui orang lain.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Kartu ATM BCA Terbaru 2018

Berapa Biaya pembuatan kartu ATM BRI yang hilang

Untuk pembuatan kartu ATM BRI yang disebabkan hilang akan dikenakan biaya, tidak seperti penggantian kartu ATM yang disebabkan karena kadaluarsa, rusak atau tertelan mesin ATM bank lain yang gratis, karena kalo hilang sangat bisa dipastikan kartu ATM tidak kembali ke bank.

Untuk besaran biaya penggantian kartu ATM berbeda beda tergantung dari jenis kartu ATM nya. Untuk kartu ATM BRI Private Label, Classic, Gold, dan Premium dikenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp10.000, sedangkan untuk rekening giro akan dikenakan sebesar Rp.20.000. . Jika mau upgrade atau downgrade tipe ATM, maka biaya administrasi, limit, dan tarif lain akan menyesuaikan kartu ATM baru.

Bisakah Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang Tanpa Surat Keterangan Kehilangan Dari Polisi?

Untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang harus dengan menggunakan surat keterangan kehilangan dari Polisi, jika tidak ada surat keterangan tersebut maka tidak bisa diurus dan diterbitnya kartu ATM yang baru. Inilah yang membedakan cara mengurus ATM yang hilang di bank BRI dengan bank lainnya. Sebenarnya tanpa surat keterangan kehilangan sih masih bisa diurus, tapi tidak disarankan. Karena caranya mengandung unsur pembohongan hehehe, jadi admin tidak merekomendasikan untuk dilakukan. Sebaiknya di urus sesuai dengan prosedur yang berlaku saja. Toh, untuk membuat surat keterangan kehilangan dari Polisi tidaklah rumit. Cukup datang ke kantor Polisi terdekat dan bilang mau buat surat keterangan kehilangan pada petugas, maka selanjutnya Pak Polisi akan membuatkan surat keterangan kehilangan tersebut.

Nah, itulah Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang, semoga bermanfaat untuk Anda.