Kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM, Apa Yang Harus Dilakukan

Posted on

Kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM, Apa Yang Harus Dilakukan—Kejadian tertelannya kartu ATM pada mesin ATM bisa menimpa siapa saja pemegang kartu ATM BRI. Sebabnya pun kadang berbeda-beda, bisa karena mesin ATM yang sedang trouble atau bisa juga karena kesalahan pemegang kartu ATM dalam memasukkan PIN ATM.kartu atm bri tertelan mesin atm

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan ketika kita mengalami kejadian kartu ATM BRI tertelan mesin ATM? Kali ini admin ukbankingwiki.com akan berbagi pengalaman terkait peristiwa tertelannya kartu ATM pada mesin ATM, mulai dari penyebab, tindakan apa yang harus dilakukan pertama kali mengetahui kalo kartu ATM tertelan mesin ATM, hingga bagaimana cara mengurus kembali kartu ATM BRI yang tertelan mesin ATM.

Penyebab Kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM

Ada beberapa sebab yang membuat kartu ATM BRI tertelan mesin ATM. Bisa karena keteledoran pemegang kartu ATM atau juga karena disebabkan oleh mesin ATM itu sendiri, bahkan bisa juga disebabkan oleh faktor ketiga diluar dari kedua hal tersebut. Nah, agar kita bisa lebih berhati-hati dan jaga-jaga agar tidak mengalami kejadian tersebut, kita perlu tahu apa yang menyebabkan kartu ATM bisa tertelan mesin ATM.

1. Salah Memasukkan PIN ATM BRI Lebih Dari Tiga Kali.

Ketika kita memasukkan kartu ATM pada mesin ATM seperti biasa kita akan diminta untuk memasukkan PIN kartu ATM. Maka sudah sepatutnya agar kita menghafalkan PIN ATM, agar saat hendak menggunakannya tidak kelimpungan apalagi sampai melakukan kesalahan input PIN ATM, sebab apabila kita salah memasukkan PIN ATM lebih dari 3 kali, biasanya secara otomatis mesin akan menelan kartu ATM. Kenapa begitu, karena pada mesin ATM telah diprogram untuk memberikan keamanan kepada pemegang kartu ATM, bila kita salah input PIN ATM lebih dari batas yang ditentukan mesin akan mendeteksi tindakan tidak wajar, sehingga mesin akan menelan kartu ATM.

2. Mesin ATM Rusak Atau Error

Selain karena salah memasukkan PIN ATM melebihi batas yang ditentukan, penyebab tertelannya kartu ATM pada mesin ATM bisa dikarenakan oleh mesin ATM yang sedang rusak atau error akibat jaringan yang tidak stabil. Karena mesin ATM juga barang elektronik maka kerusakan atau gangguan system bisa saja terjadi kapan saja. Maka agar kartu ATM tidak tertelan mesin ATM, sebaiknya periksa terlebih dahulu mesin ATM sebelum menggunakannya.

3. Kartu ATM BRI Rusak Atau Kadaluarsa

Penyebab selanjutnya adalah kartu ATM yang rusak atau sudah kadaluarsa dan sudah semestinya harus diganti dengan kartu ATM BRI yang baru. Kerusakan pada kartu ATM BRI seperti pecah, retak atau melengkung sehingga tidak terbaca oleh mesin. Nah, kalo sudah begini sebaiknya segera untuk mengganti kartu ATM BRI anda di cabang BRI terdekat, agar kembali bisa menggunakan kartu ATM BRI untuk keperluan transaksi Anda.

4. Aliran Listrik Terputus Atau Mati

Karena mesin ATM juga barang elektronik, yang untuk menghidupkannya memerlukan aliran listrik maka ketikaaliran listrik terputus dan mesin tiba tiba mati, maka saat kartu ATM masih didalam mesin,kartu tidak bisa dikeluarkan. Kartu ATM bisa keluar apabila mesin ATM hidup kembali. Namun yah, mesti harus sabar menunggu untuk mesin ATM hidup kembali, jika tidak sabar atau memang waktu menyalanya listrik masih cukup lama, sebaiknya minta tolong ke satpam untuk bisa menjagakan atau mengambilkan kartu ATM apabila mesin ATM telah menyala dan bilang Anda akan kembali lagi nanti atau besok untuk mengambil kartu ATM BRI Anda.

5. Kartu ATM Tidak Langsung Di Cabut

Kadang sebenarnya kartu telah dikeluarkan dari mesin ATM, namun terkadang mungkin keteledoran kita terlambat untuk segera mengambilnya, atau bahkan lupa mengambil kartu ATM, sementara kita sudah meninggalkan gerai ATM tersebut dan baru tersadar setelah beberapa lama meninggalkannya. Kejadian ini bisa mengakibatkan kartu ATM BRI kita tertelan oleh mesin ATM, sebab menurut informasi mesin ATM hanya memberikan waktu untuk mengambil kartu ATM yang sudah dikeluarkan dari mesin paling lama 5 detik.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mengetahui Kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM

Yang pertama harus dilakukan setelah mengetahui kartu ATM BRI tertelan mesin ATM adalah melakukan pemblokiran, dengan tujuan agar rekening aman dari gangguan dari tangan-tangan y=orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan dilakukan pemblokiran, walau kartu ATM BRI ditemukan oleh orang lain dan dia mengetahui PIN kartu ATM nya, tetap kartu tidak bisa digunakan karena kita sudah melakukan pemblokiran untuk semua transaksi rekening kita.

Lalu, bagaimana cara melakukan pemblokiran? Pertama kita bisa melakukannya dengan cara menghubungi call center BRI dan meminta kepada customer service BRI untuk melakukan pemblokiran karena kartu ATM kita tertelan mesin ATM. Selain itu, jika kita sebelumnya menggunakan internet banking BRI atau SMS banking BRI kita bisa melakukan pemblokiran secara mandiri dengan cara mengakses internet banking dan men disable kartu.

Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Tertelan

Agar bisa kembali bertransaksi menggunakan ATM, kita mesti mengurus kembali kartu ATM BRI. Caranya sangat mudah, namun ada beberapa dokumen yang mesti dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kita mengurusnya, apa saja dokumen yang harus disiapkan? Yakni kartu identitas diri bisa KTP/SIM atau paspor yang masih berlaku, serta buku tabungan rekening BRI. Setalah dokumen telah lengkap selanjutnya cara untuk mengurus kartu ATM BRI yang tertelan mesin adalah sebagaiberikut :

1. Silahkan kunjungi kantor cabang BRI terdekat

2. Silahkan ambil nomor antrian untuk ke customer service

3. Silahkan tunggu hingga tiba nomorantrian anda dipanggil

4. Setelah tiba nomor antrian anda dipanggil, silahkan datang ke customer service BRI dan ceritakan masalah Anda.

5. Tunggu sebentar customer service BRI akan memproses keluhan Anda, biasanya jika ATM BRI tertelan mesin ATM yang letaknya tidak jauh dari bank yang anda kunjungi, maka kartu ATM akan dikembalikan ke bank dan bisa diberikan langsung ke Anda. Namun jika ternyata kartu ATM tertelan di mesin ATM yang letaknya cukup jauh dari bank tersebut atau bahkan di luar kota, maka kartu tidak diberikan ke cabang bank BRI terdekat, sehingga customer service BRI akan membuatkan kartu ATM yang baru buat Anda.

6. Tidak perlu kuatir, pembuatan kartu ATM baru tidak memakan waktu lama dan tetap langsung bisa digunakan untuk transaksi begitu kartu sudah jadi. Sebelum meninggalkan CS BRI, sebaiknya sekalian minta untuk pengaktifan SMS Banking BRI agar nantinya tidak bolak balik. Sebab setelah dilakukan pemblokiran SMS banking tidak berfungsi, sehingga kalo mau menggunakan layanan ini berarti Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu.

Kartu ATM BRI anda sudah kembali atau mungkin Anda mendapatkan kartu ATM yang baru, selanjutnya tetap berhati hati dalam penggunaan kartu ATM , terlebih dalam menyimpan PIN ATM, jangan sampai diketahui orang lain dan jangan mencatatnya ditempat yang mudah diketahui orang lain. Perlu diketahui bahwa untuk mengurus kartu ATM BRI yang tertelan mesin tidak bisa diwakilkan, serta harus melengkapi dokumen yang diperlukan apabila tidak lengkap, biasanya harus dilengkapi dengan surat keterangan polisi.

Semoga dengan artikel Kartu ATM BRI Tertelan Mesin ATM, Apa Yang Harus Dilakukan diatas bermanfaat untuk Anda dan jika kondisinya ternyata kartu ATM hilang untuk cara mengatasinya anda bisa membaca artikel sebelumnya dengan judul Cara Mengurus Kartu ATM BRI Yang Hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *