Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin ATM

174 views

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin ATM—Kartu ATM adalah sarana yang diberikan Bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan maupun non keuangan secara mandiri. Penggunaan kartu ATM ini sering kali digunakan pada mesin ATM, walau terkadang ATM ini juga bisa digunakan pada mesin EDC ditempat lain sebagai pengganti pembayaran secara tunai.Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin

Kartu ATM dan mesin ATM sendiri adalah sebuah kemajuan teknologi perbankan yang sangat menggembirakan, bagaimana tidak dengan menggunakan layanan ini, nasabah bisa dengan sendirinya melakukan transaksi tanpa perlu lagi antri di teller. Namun, tetap saja sebuah teknologi adakalanya mengalami kendala tertentu sehingga bisa menimbulkan hal-hal yang sedikit kurang menyenangkan. Seperti saat kartu ATM tertelan di mesin ATM. Lantas apa sih penyebab kartu ATM tertelan mesin ATM, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, kali ini admin ukbankingwiki.com akan berbagi informasi untuk pembaca terkait penyebab kartu ATM BCA tertelan dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kartu ATM BCA Tertelan Mesin ATM

Ada beberapa faktor yang bisa membuat kartu ATM BCA akan tertelan oleh mesin ATM, namun berdasarkan pengalaman, hal yang paling sering menyebabkan kartu ATM tertelan adalah karena beberapa sebab berikut :

1. Beberapa kali salah memasukkan password atau PIN ATM. Sudah sesuai aturan atau standar yang diperlakukan oleh bank, apabila seseorang salah input PIN ATM lebih dari 3 kali, maka mesin ATM akan memblokirnya. Ada beberapa mesin ATM yang biasanya langsung mengeluarkan kartu ATM, namun ada juga yang langsung menelannya. Terlebih apabila ternyata mesin sedang keadaan error, maka sudah bisa dipastikan mesin ATM akan menelan kartu ATM yang salah input PIN lebih dari 3 kali. Supaya tidak terjadi hal ini, maka sebaiknya anda menghafal PIN ATM anda dengan baik.

2. Kartu sudah keluar dari mesin ATM, namun tidak segera diambil. Hal ini seringkali dialami oleh mereka yang sedang tergesa gesa saat mengambil uang atau melakukan transaksi keuangan dengan menggunakan mesin ATM, setelah selesai transaksi lupa untuk mengambil kartu ATM yang sudah dikeluarkan oleh mesin. Perlu diketahui, bahwa memang mesin sudah mengeluarkan kartu ATM, namun itu baru separoh kartu saja yang dikeluarkan. Sehingga ketika si pemilik kartu ATM tidak segera mengambil atau bahkan lupa untuk mengambil kartu ATM nya, maka mesin secara otomatis akan menelan kartu ATM tersebut.

Baca Juga :  Cara Blokir ATM BCA Saat Kartu ATM Hilang

3. Mesin ATM sedang Error atau sedang mengalami gangguan. Namanya juga mesin dan apalagi merupakan fasilitas yang biasa digunakan oleh banyak orang. Maka gangguan bisa saja terjadi pada mesin ATM, termasuk mesin ATM BCA. Walau sebenarnya tidak semua mesin ATM yang sedang mengalami gangguan akan secara otomatis menelan kartu ATM, karena ada juga mesin ATM yang error justru akan secara otomatis akan memuntahkan kartu ATM.

4. Aliran Listrik terputus atau Listrik Mati secara tiba tiba. Mesin ATM sama juga dengan perangkat elektronik lainnya, untuk bisa beroperasi mesin membutuhkan tenaga listrik. Nah apabila ternyata saat kita sedang bertransaksi menggunakan mesin ATM, tiba tiba listrik terputus atau bahkan sedang mati. Maka, otomatis kartu ATM yang ada didalam mesin tidak bisa dikeluarkan. Sebenarnya tidak menjadi masalah jika mesin ATM mati disebabkan aliran listrik yang terputus, sebab saat aliran listrik kembali tersambung, maka mesin akan reboot kembali dan mesin akan hidup kembali dan akan mengeluarkan kartu ATM yang masih ada didalamnya. Yang jadi masalah apabila listrik mati dengan waktu lama dan kita tidak tau kapan listrik akan tersambung lagi, karena tentu tak mungkin kita menunggui mesin ATM yang tidak pasti kapan akan hidup kembali.

Cara Mengatasi Kartu ATM BCA Tertelan Mesin ATM

Saat mengetahui kartu ATM BCA anda tertelan oleh mesin ATM, pertama yang harus anda jaga adalah emosi Anda, tidak perlu panik dan tetap tenang. Karena ketika kita panik, seringkali kurang bisa berfikir jernih dan tenang, bahkan kadang malah berbuat kesalahan sehingga menambah masalah yang ada.

Baca Juga :  4 Jenis Kartu ATM BRI Yang Mesti Kamu Tahu, Mana Yang Paling Menguntungkan.

Yang kedua, setelah mengetahui kartu ATM BCA tertelan mesin yang harus anda lakukan adalah segera memblokir kartu ATM BCA Anda. Adapun cara memblokir kartu ATM BCA sebelumnya sudah pernah kita posting silahkan membacanya pada artikel Cara Blokir ATM BCA Saat Kartu ATM Hilang. Karena ada beberapa alternative cara untuk memblokir kartu ATM yang bisa dilakukan.

Yang ketiga, segera datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat untuk mengurus kembali kartu ATM BCA yang tertelan. Karena tanpa kartu ATM, anda tidak akan pernah bisa untuk tarik tunai dari mesin ATM. Walau untuk transaksi lainnya masih bisa dilakukan melalui e-banking seperti internet banking, sms banking ataupun mobile banking. Namun tentu rasanya tidak sempurna, tanpa adanya kartu ATM. Sebagai tambahan informasi saja, apabila ternyata kartu ATM BCA kita yang tertelan tadi masih utuh dan sudah kembali ke bank terdekat dari mesin ATM yang menelan kartu ATM kita, maka kita tidak perlu buat kartu ATM baru. Dengan demikian kita tidak akan dikenakan biaya administrasi penggantian atau pembuatan kartu ATM BCA yang baru. Namun, jika ternyata kartu ATM tertelan di mesin ATM yang agak jauh dari kantor cabang bank BCA, maka lebih baik untuk membuat kartu ATM yang baru saja. Untuk hal ini, BCA akan membebankan biaya administrasi penggantian atau pembuatan kartu ATM, adapun besaran biaya tergantung dari jenis kartu ATM
yang dibuat.

Nah, itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu ATM BCA tertelan Mesin ATM, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.